Wednesday, March 20, 2013

Bolu Panggang ala Toko "Oen", Malang

Vanilla Sponge Cake with Cheddar Cheese Topping 

Sewaktu saya masih kecil, saya sering diajak ke Malang dan Batu oleh Papa Mama. Salah satu kenangan yang masih melekat di otak saya adalah Bolu Keju di Toko "Oen". Seingat saya kue yang satu ini adalah favourite saya. Dengan keju yang banyak, cake yang bau susu samar, buttercream lembut hmmmm.. nyaamm nyamm nyaammm.. 

Karena ingatan yang lekat demikian menggoda, beberapa waktu lalu ketika ada kesempatan untuk ke kota Malang mampirlah saya ke Toko "Oen" demi untuk membeli lagi cake kejunya.

 
Picture source: http://adhimaswijaya.wordpress.com/2010/06/17/ice-cream-dan-toko-oen-malang/
Foto diatas adalah penampakan toko Oen. Dilihat dari penampakannya aja, anda pasti sudah bisa menduga sudah berapa lama toko ini buka hehehehe. Semenjak tahun '30 kalau saya tidak salah. Interiornya juga masih jadul.

Picture source: http://www.flickr.com/photos/80077616@N06/7940580054/
Setelah saya membeli cake keju idaman, saya jadi kecewa. Karena cakenya seret, rasanya ga enak sama sekali. Beda dengan yang saya ingat semasa saya kecil dulu *hiks hiks hiks*. Karena kecewa, akhirnya setelah saya pulang saya coba untuk membuat sendiri tiruan cakenya. Semirip dengan yang saya ingat. Bongkar - bongkar buku resep yang kalau lagi ga mood ga pernah saya lihatin atau kalau mood pun biasanya cuma mood baca sebelum tidur hahaha jarang praktek kecuali saya lagi jenuh sama pekerjaan utama, butuh pengalihan :D saya menemukan resep yang mirip dengan yang saya inginkan. Menurut saya resep ini memuaskan saya. Sharing untuk semuanya, resep ada di bawah ini. Silahkan dicoba.
Foto dalam buku resep YASABOGA

  Hasil baking saya yang saya rasa sudah mirip sama yang saya ingat hehehe

Bolu Vanili :

- 5 btr telur
- 125 gr gula pasir
-1/4 sdt vanili bubuk
- 125 gr tepung terigu cap segitiga
- 60ml minyak atau mentega cair

Topping : 

- 200 gr keju parut

Cara Membuat: 

- Siapkan loyang 20x20 atau loyang bundar 22cm, alasi dgn kertas roti, oles dengan margarin. Pasang oven 170 deeajat celcius.
- Kocok telur, gula, vanili hingga kental dan naik. Masukkan campuran tepung terigu secara bertahap, aduk perlahan. Masukkan minyak sedikit-sedikit sambil diaduk hingga rata. Tuang adonan ke loyang, panggang hingga matang +/- 35 mnt hingga matang, angkat, Keluarkan dari loyang dan dinginkan.
- Belah cake menjadi 2, olesi salah satu permukaannya dengan buttercream (resep tercantum dibawah, atau kalau mau yang praktis bisa beli yang sdh jadi di TBK). Taburkan sebagian keju, tutup dengan potongan cake yang lain. Oles seluruh permukaan cake dengan sisa buttercream dan taburkan sisa keju parut di atasnya.

Olesan : Buttercream 

- 3 btr kuning telur
- 5 sdm air + 125 gr gula pasir
- 225 gr mentega tawar

Cara Membuat: 
Kocok kuning telur hingga mengembang dan berwarna lebih pucat. Sementara itu didihkan air + gula pasir, aduk hingga larut. Tuang sirup ini dalam keadaan panas sedikit demi sedikit ke kuning telur sambil dikocok sampai kental.

Dalam wadah lain kocok mentega tawar hingga lembut. tuangi kocokan kuning telur sedikit demi sedikit, sambil dikocok perlahan hingga membentuk krim yang lembut.

No comments:

Post a Comment