Tuesday, March 19, 2013

Masakan Rumah Khas Banjar

Sup Mutiara 

Sup ini khas sekali bagi orang Banjar. Setiap ada acara pesta pasti sup ini hadir. Sup susu dengan isian bola-bola daging ayam cincang, sosis ayam, wortel, kacang polong, makaroni ini memang istimewa. Rasanya yang gurih dan isiannya yang mewah memang sempurna untuk hidangan pesta.

Sebagai keturunan Banjar dari pihak Papa saya, tentunya saya juga menjadi akrab dengan Sup yang satu ini. Yang spesial di keluarga kami, makan sup ini sambalnya adalah sambal bawang putih dan cuka.. *Sluurpp* baru lihat foto dan membayangkannya saja sudah buat saya ngiler lagi hehehehe..

Resep untuk Sup Mutiara ini saya dapat dari blognya Happy Cooking with Evenna Chang. Meskipun saya tidak mengenal secara langsung sang empunya resep tapi melalui posting ini saya mengucapkan Terima Kasih untuk sharing resepnya di blog beliau sehingga dapat saya pelajari dan praktekkan dan yang penting ENAK!!! HAhahahHAhaha

Penampakan Sup Mutiara


Recipe by: Evenna Chang

Bahan :
  • 7 buah Sosis ayam, potong-potong
  • 3 buah wortel, potong dadu,rebus sampai empuk
  • 1 kaleng kacang polong
  • 200 gram macaroni
  • 1 sdm Garam
  • 2 sdm Gula
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt pala
  • 1 kaleng susu carnation (tambahan keterangan dari saya : evaporated, bukan kental manis yaaa ntar jadi puding supnya hahahah)
  • 1,5 liter kaldu ayam
  • Daun seledri

Bumbu halus:
  • 2 butir Bawang merah
  • 1 cm jahe
Bahan Mutiara:
  • 300 gram Ayam cincang
  • 1 buah kentang, goreng haluskan
  • ½ sdm garam
  • 2 sdm gula
  • 1 sdt pala
  • ½ sdt merica
  • 50 gram susu bubuk
  • 2 sdm margarin
  • 1 butir kuning telur
Cara membuat:
  1. Mutiara : Campur semua bahan jadi satu, kemudian dibentuk bulat-bulat seperti kelereng.
  2. Didihkan air kaldu, bersama dengan bumbu halus, batang daun seledri yang telah dimemarkan, garam, gula, merica dan pala. Masukan mutiara, setelah mutiara terapung, angkat, sisihkan. (Cara saya : untuk bumbu halus saya tambah bawang bombai yang dicincang dan ditumis dahulu dengan sedikit margarin sampai harum)
  3. Masukan wortel pada kaldu ayam, setelah mendidih, tambahkan kacang polong, macaroni dan sosis. Setelah mendidih masukan daun seledri, mutiara, dan terakhir, jika semua bahan sudah dimasukan dan sudah mendidih, masukan susu carnation. Aduk sebentar, mendidih, angkat. Sajikan hangat.

No comments:

Post a Comment