Tuesday, March 19, 2013

Udang Windu masak Saus Inggris

Sewaktu ke pasar, lihat ada udang windu di tempat langganan saya beli ikan. Jadilah membeli 1kg windu untuk dimasak. Masakan pertama untuk hari itu adalah "Udang Saus Inggris" masakan yang gampang dibuat, semua pasti bs dan pasti enak hehe *secara udang ga usah diapa-apain juga dah enak :p*
 
Masakan ini saya pelajari dari mama saya sewaktu baru menikah. Sebenernya ini adalah resep yang cukup umum. Tapi bagaimanapun untuk yang belum pernah memasak, perlu resepnya juga seperti saya dahulu kala sewaktu belajar memasak (hmm.. bahkan sampai hari ini untuk masakan yang agak rumit bumbunya, saya tetep mengandalkan buku resep). 

Resep ini saya dedikasikan untuk para Ibu muda yang mencoba untuk belajar memasak. Just before you start pleaasee keep in your mind "Cooking is Easy & Fun!!" (lebih susah juga ngerjain UNAS daripada masak hahahaha). So, shall we start? ;)

Bahan:

- 1/2 kg Udang Windu
- 5 siung Bawang Merah, kupas biarkan utuh, geprek
- 1/2 biji Bawang Bombay, kupas, iris tipis memanjang
- 6 batang lokio
- 1 sdm arak masak (angciu)
- 1 sdm kecap ikan
- 2 sdm kecapmanis
- 5 sdm makan saus Inggris (saya suka pakai "Sedap Wangi". Dan agak banyakan biar wangi saus Inggrisnya kerasa)
- 1/2 sdm cuka beras (pilih cuka beras karena rasa asamnya lebih lembut dibanding cuka dapur konsentrat)
- 1/2 sdm makan gula pasir
- 1/2 sdt garam (rasa masakan ini ,amis asam, jadi jangan kebanyakan garam)
- 1/2 sdt merica (bole ditambah kalau suka yang lebih menyengat bau mericanya)
- Air bersih secukupnya
- Penyedap rasa / kaldu bubuk secukupnya
- Minyak untuk menggoreng udang, secukupnya

Cara Memasak :

1. Tuang minyak di wajan, untuk menggoreng udang setengah matang. Udang digoreng sebentar saja, cukup sampai udang berubah warna dan kelihatan lebih kesat. Jangan terlalu lama karena nanti jadi keras. Angkat udang dan sisihkan.
2. Dari minyak sisa menggoreng udang, kurangi minyaknya hingga cukup untuk menumis bawang merah, bawang bombai sampai setengah layu. Tambahkan angciu. Aduk sebentar, masukkan kecap ikan, kecap manis, saus Inggris, cuka beras, garam, merica, kaldu bubuk. Cicipi, jika ada yang dirasa kurang, silahkan ditambahkan. Baru masukkan udangnya, tuangi air sedikit, aduk - aduk sebentar. Wajan bs ditutup dan biarkan masakan mendidih dalam api besar (kurang lebih 2 menit, agar bumbu meresap tapi udang tidak menjadi keras). Masukkan lokio terakhir sesaat sebelum diangkat, biarkan sedikit layu.
3. Udang siap dihidangkan dengan nasi hangat :)

Tips untuk para pemula:
Untuk mencoba pertama kalinya, sebaiknya bumbu - bumbu yang dimasukkan (garam, kecap dsb) sebaiknya sedikit-sedikit atau minimal saja sehingga apabila saat dicicip kurang sesuatu, masih bisa ditambahkan. Daripada masakannya terlalu asin atau terlalu manis dan sebagainya :)

No comments:

Post a Comment