Monday, October 5, 2009

HOLLANDSE CROQUETTES a.k.a Kroket Belanda

Saat berjalan-jalan di Supermarket, biasanya saya selalu mencari dan mampir di rak yang memajang buku dan majalah resep. Berburu resep tentu adalah salah satu hobi pasti bagi yang hobi masak atau bikin kue hehehe... Kalau untuk saya yang terhitung pemula di dapur, meskipun saat ini sibuk dengan kerjaan dan kemungkinan kecil bisa mencoba-coba resep tapi tetap saja saya suka membeli buku resep baru. Tujuannya adalah untuk penghilang stress saat kerjaan menumpuk dan dilanda kejenuhan.

Buku terbitan Primarasa - Hidangan Peranakan Belanda & China ini saya dapat di Freshmart (SUTOS) di rak dekat kasir. Salah satu isinya yang menarik perhatian saya adalah Kroket Belanda yang ternyata beda dengan kroket di Indonesia. Kalau di Indonesia, lazimnya yang bernama Kroket, "kulit"nya dibuat dari kentang yang dihaluskan kemudan diisi dengan ragout kemudian dipanir dengan tepung roti. Sedangkan kroket belanda ini adalah ragout yang dibentuk lonjong, besar-besar dan langsung dipanir dengan tepung terigu dan roti.

Saat chatting dengan Thata - teman milis yang tinggal di Belanda, Thata menjelaskan bahwa yang namanya Croquette disana mirip dengan bitterballen. Hanya saja yang membedakan adalah bentuknya. Kalau bitterballen bulet-bulet, kroket lonjong. Kroket disana biasa dimakan dengan dijepitkan didalam roti (kalau untuk Thata katanya kroket itu di"penyet" dulu diantara roti manis kosong yang dibelah dua, terus rotinya dibuka lagi, dikasih saus mustard, baru dimakan) Hmmm... terbayang betapa gurihnya makan "ragout panir" hehehehe.... Tergiur mencoba? Silahkan coba resepnya dibawah ini.


HOLLANDSE CROQUETTES
Source : Seri Masak femina PRIMARASA
 Hidangan Peranakan Belanda & China

Bahan:
200 gr daging cincang
250ml air
1/4sdt garam
100 gr jamur kancing kalengan, tiriskan ( saya ganti dengan udang, karena ngga punya persediaan jamur)
2 batang peterseli
50 gr margarin
150 gr bawang bombai, cincang
50 gr terigu
200ml susu cair
100 ml krim encer
1sdt mustard
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 1/2 sdt gula pasir
Minyak goreng
Mustard untuk pelengkap

Lapisan:
100gr tepung terigu
2 butir telur, kocok
100gr tepung roti

Cara Membuat:

# Rebus daging cincang dalam air dan garam hingga daging matang dan airnya mengering, angkat, sisihkan. Tiriskan jamur dari air perendam, iris tipis, sisihkan. Cincang halus peterseli, sisihkan.

# Panaskan margarin dalam wajan, tumis bawang bombai hingga layu, masukkan tepung terigu. Tuang susu dan krim sedikit-sedikit sambil diaduk dengan pengocok kawat atau sendok kayu hingga menjadi adonan yang kental.

# Masukkan jamur, peterseli, mustard, garam, merica, pala, gula, dan daging cincang, aduk hingga rata. Bagi adonan menjadi 15 bagian, bentuk bulat lonjong.

# Gulingkan kroket dalam tepung terigu, celupkan ke dalam telur kocok, gulingkan kembali dalam tepung roti.

# Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan atau panci deep fryer. Masukkan kroket, goreng hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan, angkat, tiriskan. Hidangkan hangat dengan pelengkap mustard.

No comments:

Post a Comment