Thursday, October 8, 2009

PIZZA Fun!!

Saya dan suami memiliki selera makanan yang berbeda. Untuk saya, hidangan Indonesia, yang banyak bumbu dan rempah lebih pas di lidah. Sedangkan untuk suami saya, dia lebih suka hidangan ala Barat. Salah satu kegemarannnya adalah Pizza. Jika sudah ada Pizza, istri lewat pun, tak uruuuss hehehhe.

Waktu membeli majalah Santap, di edisi yang pertama ada resep Pizza. Langsung saya tertarik untuk baca-baca. Di halaman Fokus Kuliner : Pizza Klasik sampai Modern ada bermacam variasi pizza yang keliatannya sih rumit karena resepnya paaanjaangg sekali hehe walaupun dituliskan disana bahwa dalam waktu 25 menit, Pizza lezat sudah tersedia… Saya tuliskan untuk Anda resep adonan dasar crust dan sausnya yaa, untuk variasi isiannya bisa disesuaikan selera masing-masing atau memakai persediaan yang sedang ada di kulkas.

Hhmmmm.. siapa yang tak tergiur? Apalagi dengan harapan bisa membuat suami berdecak kagum ;) Jadi, tunggu apalagi? Let’s have fun with Pizza!



Thin Crust Pizza - Favourite suami
toppings: beef salamies, onions, mushrooms, beef bolognese sauce, beef sausage, canned pineapple chunks with parmesan and mozarella cheese

ADONAN DASAR
Source: Santap edisi 1 – Fokus Kuliner Pizza Klasik sampai Modern
Untuk 1 pizza garis tengah 30cm, 2 pizza garis tengah 22cm atau 1 pizza persegi panjang

Persiapan: 15 menit
Istirahat: 10 menit

200 – 225 gram tepung terigu + untuk taburan
½ sdm ragi instant
¾ sdt garam
½ sdm minyak zaitun
130 ml air hangat ( kurang lebih)

• Sebelum mulai : olesi bagian dalam mangkuk besar dengan minyak zaitun, sisihkan untuk menaruh adonan.

• Mencampur dan menguleni : campur 200 gram tepung terigu dan ragi dalam mangkuk ( bukan mangkuk yang diolesi minyak ). Campur garam, minyak zaitun dan air hangat. Tuangkan air, aduk dengan sendok kayu (adonan agak lengket). Pindahkan adonan ke atas permukaan meja yang ditaburi sedikit tepung. Bedaki kedua tangan dengan tepung. Uleni adonan sampai adonan licin, lembut dan tidak lengket pada tangan ( 10 – 15 menit). Jika adonan terlalu lengket, tambahkan tepung secukupnya saja sampai adonan tidak lengket pada tangan dan meja.


Pizza Dough
 • Mengistirahatkan adonan : taruh adonan dalam mangkuk yang diolesi minyak, lalu angkat dan balik adonan. Tujuannya agar seluruh permukaan adonan terlapisi minyak sehingga tidak mongering. Tutup dengan plastic lengket. Diamkan 10 menit agar tidak melawan jika dibentuk. Meskipun adonan sudah bisa dipakai, akan lebih baik jika adonan diistirahatkan selama 2 jam sampai 2 hari di lemari es. (Adonan mengembang sedikit). Proses pendinginan ini membuat adonan lebih relaks, mudah dibentuk dan meningkatkan citarasanya. Sebelum dipakai keluarkan 1 jam sebelumnya agar sesuai suhu ruang.


Pizza Man ;) - suami yang sukarela membantu membentuk adonan pizza

Membentuk adonan : taruh adonan di atas meja bertabur tepung. Uleni pelan-pelan untuk meratakan udara dalam adonan. Untuk membuat pizza ukuran 30cm, gilas adonan. Usahakan agar bagian tengahnya tipis dan bagian pinggirnya agak tebal. Untuk membuat 2 pizza bergaris tengah 20cm, bagi adonan jadi 2 bagian.





SAUS PIZZA
Untuk 200 ml
Persiapan : 15 menit
Memasak : 15 menit

500 gram tomat matang
1 sdm minyak zaitun
1 siung bawang putih besar, cincang halus
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica hitam
1 sdt gula pasir
1/2 sdm pasta tomat
1/4 sdt oregano atau basil kering
  • Kupas dan buang biji tomat, lalu cincang kasar setengah bagian. Panaskan minyak zaitun, tumis bawang putih hingga lemas. Campurkan bahan - bahan lainnya, masak sampai mendidih. Kecilkan api, teruskan memasak sampai saus kental. Untuk pizza Anda perlu saus yang agak kering agar adonan pizza tidak basah

No comments:

Post a Comment