Sunday, October 4, 2009

Kuliner dari Balikpapan

Mantau Goreng dan Menjangan Lada Hitam

Tanggal 25 hingga 28 September kemarin, saya beserta seluruh keluarga berangkat ke Balikpapan. Selain untuk mengisi libur Lebaran juga untuk menghadiri pernikahan seorang keponakan di Hotel Novotel.

Tanggal 25, sepupu saya mengadakan malam widodaren dan disana disajikan beberapa macam masakan Chinese, salah satunya yang menarik perhatian saya, adalah sajian (yang katanya) khas dari Balikpapan yaitu Mantau goreng dengan Daging Menjangan masak lada hitam .

Kalau daging menjangannya sih saya rasakan ngga ada beda sama daging biasa (hehehehe atau saya aja yg kurang peka ya??) tapi mantaunya terasa agak beda dengan yang biasa beli di Supermaket, kata sepupu saya itu mantau ala Kwang Tong. Dalam hati pengen bertanya, belinya dimana tapi kok sungkan, kuatir ntar dibeliin sebagai oleh – oleh, jadinya merepotkan hehe. Akhirnya setelah sempat nanya dengan teman-teman di milis NCC yang ada di Balikpapan, didapatlah info dari Maureen ( Thanks yaaa…. ^ ^ ) kalau mantau itu bisa dibeli di daerah Kelandasan (dekat dengan hotel tempat saya menginap). Jadinya saya belilah itu mantau untuk dibawa pulang ke Surabaya, biar bisa ngerasain lagi mantapnya hehe.



Dan hari ini karena agak luang waktunya, saya mencoba browsing untuk resep Sapi masak lada hitam sebagai teman makan mantau goreng. Resepnya saya dapat dari Resep.web.id. Enakk, mantap, dengan sedikit tambahan sesuai selera saya ;)

SAPI LADA HITAM
Sumber: resep.web.id
Bahan:
500 g daging has dalam sapi, iris melintang serat tipis
1 sdm tepung maizena
2 sdm minyak sayur (saya tambahkan 2 sdm margarin)
2 siung bawang putih
25 g bawang Bombay, cincang
100 ml air
2 sdt merica hitam butiran, sangrai, memarkan ( saya uleg, agak halus ) 

Bumbu:
1 sdt jahe parut
1 sdt bawang putih parut
2 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis ( saya tambahkan 3 sdm, agar sedikit manis dan dapat warna hitamnya)
1 sdt arak masak, jika suka ( saya pakai 2 sdt, biar lebih wangi)
1/2 sdt merica bubuk ( karena suka yang agak pedas, saya tambah jadi 1sdt)
1/2 sdt garam (untuk mengimbangi kecap manis, saya jadikan 1,5sdt peres)

Cara membuat:
# Aduk irisan daging bersama bumbu hingga rata.
# Taburi tepung maizena, aduk hingga rata. Diamkan selama 30 menit.
# Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga layu dan harum.
# Masukkan irisan daging berikut bumbunya. Aduk hingga kaku dan berubah warna.
# Tambahkan air, aduk hingga mendidih dan daging lunak.
# Taburi merica hitam, aduk rata.
# Angkat. Sajikan panas ( dengan mantau yang digoreng dengan minyak panas yang banyak ditambah 2 sdm margarin agar lebih enak)


No comments:

Post a Comment